lembaga kemanusiaan

Ada banyak tragedi kemanusiaan yang terjadi di seluruh belahan dunia ini. Hampir setiap hari selalu ada berita mengenai tragedi kemanusiaan yang ditayangkan di siaran berita di televisi atau portal berita online. Tragedi kemanusiaan yang terjadi di dunia ini sangatlah beragam mulai dari peperangan, kelaparan, serangan teroris, bencana alam, dan masih banyak lagi. Tragedi kemanusiaan tersebut pasti menyentuh hati seluruh manusia yang ada di dunia ini. Dengan hati yang tulus mereka berdoa untuk keselamatan saudara-saudara mereka yang sedang dilanda kesusahan. Banyak pula manusia yang memberikan bantuan dalam bentuk yang lebih nyata seperti donasi kepada para korban tragedi kemanusiaan tersebut melalui lembaga kemanusiaan.

Ada banyak cara untuk menggalang donasi untuk para korban tragedi kemanusiaan di dunia ini. Kita sering melihat komunitas-komunitas tertentu melakukan penggalangan dana dengan berdiri di jalan raya dan meminta donasi kepada para pengguna jalan. Donasi yang sudah terkumpul nantinya akan disumbangkan kepada para korban melalui bantuan lembaga kemanusiaan atau yayasan sosial. Ada pula yang memberikan donasi melalui rekening lembaga penyalur kemanusiaan atau yayasan sosial yang ditayangkan di siaran televisi. Selain itu, banyak orang yang mendatangi alamat kantor dari yayasan sosial atau lembaga penyalur kemanusiaan tertentu untuk memberikan donasi secara langsung.

lembaga kemanusiaan
Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap

Beberapa tahun terakhir, semenjak menjamurnya penggunaan media sosial di Indonesia, donasi kerap dilakukan melalui media sosial. Di media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia seperti Facebook dan Instagram dijadikan media untuk menggalang dana. Biasanya akun-akun yang menamakan diri sebagai lembaga kemanusiaan atau yayasan sosial memposting informasi seputar donasi kepada korban tragedi kemanusiaan yang terjadi di dunia ini. Namun, tidak jarang bahwa informasi mengenai penggalangan dana tersebut bersifat hoax atau tidak benar adanya. Donasi yang terkumpul dari para pengguna media sosial tidak disalurkan kepada pihak yang berhak menerima, tetapi masuk ke kantong pribadi. Alhasil, banyak sekali kasus penipuan yang berkedok donasi untuk korban tragedi kemanusiaan dan bencana alam dengan menggunakan media sosial.

Memang lebih baik melakukan donasi dengan mendatangi kantor lembaga kemanusiaan yang sudah terjamin kredibilitasnya. Namun, tidak semua informasi mengenai penggalangan dana di media sosial adalah penipuan. Agar tidak terjebak dalam kasus penipuan dan berkedok donasi maka kita jangan langsung percaya begitu ada informasi mengenai penggalangan dana. Lakukan pengecekan kebenaran informasi terlebih dulu. Biasanya informasi penggalangan dana yang benar dan terpercaya memiliki contact person atau orang yang bisa dihubungi jika ada pertanyaan seputar penggalangan dana. Contact person tersebut selalu memberikan tanggapan yang cepat dan jawaban yang bisa dipercaya. Untuk lebih meyakinkan, tanyakan juga kepada orang-orang yang pernah melakukan donasi melalui informasi yang disebarkan.

adminUmumLembaga KemanusiaanAda banyak tragedi kemanusiaan yang terjadi di seluruh belahan dunia ini. Hampir setiap hari selalu ada berita mengenai tragedi kemanusiaan yang ditayangkan di siaran berita di televisi atau portal berita online. Tragedi kemanusiaan yang terjadi di dunia ini sangatlah beragam mulai dari peperangan, kelaparan, serangan teroris, bencana alam, dan...queens-road portal informasi terlengkap dan terupdate