Zakat adalah salah satu kegiatan yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim, sama halnya dengan sholat, puasa dan naik haji. Zakat memiliki berbagai manfaat untuk umat muslim yang rutin melaksanakannya, zakat dapat mempererat tali silaturahmi, membersihkan diri kita dari berbagai amalan buruk dan menjauhkan kita dari sifat-sifat yang berbahaya seperti iri hati serta dengki. Pengertian zakat sendiri ternyata tidak sesederhana itu. Mungkin masih banyak yang belum paham macam – macam zakat dan perhitungannya.

Macam-macam zakat dan perhitungannya yang harus kalian ketahui

Dalam artikel ini akan dijelaskan 2 macam zakat dan perhitungannya. Agar kita paham dan mengerti pembagian kadar zakat dan bagaimana perhitungannya.

  1. Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang berupa makanan pokok seperti beras, sayur-sayuran, ayam, daging dan masih banyak lagi. Zakat ini wajib hukumnya dikeluarkan satu kali dalam setahun, tepat pada tanggal 1 syawal, sesaat setelah matahari penghujung bulan ramadhan tenggelam sampai sebelum sholat idul fitri dimulai. Kadar zakat yang harus dikeluarkan adalah sebanyak satu sha’ (3,5 liter/2,5 kg) per jiwa.

Zakat ini dapat mengatasi musibah kelaparan yang sedang terjadi di negeri ini. Bagi umat muslim yang rutin mengeluarkan zakat fitrah setahun sekali, maka ia telah berhasli membersihkan dirinya dari berbagai amalan buruk yang pernah diperbuat. Manfaat yang didapatkan dari mengeluarkan zakat fitrah sangatlah besar

macam macam zakat

  1. Zakat Maal

Zakat maal adalah jenis zakat yang hukumnya juga wajib, minimal dikeluarkan satu tahun sekali. Zakat maal atau yang disebut juga zakat harta benda memiliki kadar dan perhitungannya masing-masing.

  • Zakat emas dan perak

Seorang muslim yang memiliki harta berupa emas atau perak, wajib mengeluarkannya sebagai zakat dengan beberapa persyaratan berikut: emas tersebut seutuhnya milik Anda, sudah mencapai nishab serta haulnya (1 tahun). Perhitungan dan kadar zakat yang harus dikeluarkan adalah sebanyak 2,5%.

  • Zakat Ma’adin (barang galian)

Zakat Ma’adin adalah kewajiban umat muslim menzakatkan baranghasil bumi yang seutuhnya adalah milik dia seorang. Hasil bumi tersebut berupa emas, perak, logam dan timah. Kadar perhitungan zakatnya adalah sebanyak 2,5 %.

  • Zakat Rikaz (harta temuan)

Untuk umat muslim yang menemukan harta karun di suatu tempat dan tidak ada yang memilikinya atau mendiaminya, maka Anda wajib menzakatkanya tanpa nishab dan haul. Kadar perhitungannya pun sebesar 1/5 atau 20%.

  • Zakat Tijaroh (perniagaan)

Zakat ini diwajibkan bagi umat muslim yang memiliki usaha atau bisnis jual-beli. Ia wajib menzakatkan modal (harga beli) terhitung dari barang yang terjual yaitu sebesar 2,5%. Tidak adan nishab pada jenis zakat yang satu ini.

Berikut adalah beberapa macam zakat dan perhitungannya yang wajib kalian pahami. Kadar zakat itu sangat penting, karena jika kita tidak mengikuti seperti yang telah diperintahka, maka zakat yang kita keluarkan hukumnya tidak sah.

http://www.queens-road.net/wp-content/uploads/2017/06/zakat-2.jpghttp://www.queens-road.net/wp-content/uploads/2017/06/zakat-2-150x150.jpgadminUmummacam macam zakat dan pengertiannyaZakat adalah salah satu kegiatan yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim, sama halnya dengan sholat, puasa dan naik haji. Zakat memiliki berbagai manfaat untuk umat muslim yang rutin melaksanakannya, zakat dapat mempererat tali silaturahmi, membersihkan diri kita dari berbagai amalan buruk dan menjauhkan kita dari sifat-sifat yang berbahaya...queens-road portal informasi terlengkap dan terupdate