Zakat, membicarakan mengenai zakat, zakat merupakan sebuah kegiatan yang sudah wajib dilakukan bagi Anda yang telah dianggap mampu secara finansial dan secara batiniah serta telah memenuhi syarat sebagai orang yang wajib mengeluarkan zakat. Di Indonesia sendiri kegiatan zakat dan lembaga pengelola zakat di Indonesia secara resmi, telah sangat mampu berjalan beriringan untuk melakukan kegiatan zakat.

Zakat fitrah dan zakat mal adalah macam dari zakat. Lembaga pengelola zakat di Indonesia secara resmi telah melakukan kedua zakat tersebut. Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan pada setiap orang muslim yang dilakukan pada malam sebelum hari raya idul fitri yang bertujuan untuk memfitrahkan atau menyucikan orang yang telah berpuasa selama satu bulan dari kotoran rohani dan melengkapi kekurangan saat berpuasa. Jenis zakat berikutnya adalah zakat mal. Zakat mal diwajibkan oleh Allah di tahun kedua hijriah. Bentuk dari zakat mal sendiri dibagi menjadi beberapa macam yaitu zakat emas perak, zakat ternak, zakat pertanian, zakat tijarah (perdagangan).

Lembaga pengelola zakat di Indonesia secara resmi. Di Indonesia sendiri lembaga pengelolaan zakat telah banyak mendapatkan sertifikat resmi dari pemerintah. Ya, lembaga pengelolaan zakat adalah sebuah instrumen yang memiliki hak untuk mengumpulkan dan mendistribusikan zakat serta melakukan kegiatan zakat lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan sesuai dengan akidah Islam. Dalam arti bahasa pengelolaan zakat memiliki arti kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengkoordinasian dalam pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat. Dalam melaksanakan kegiatan zakat dalam sebuah lembaga pengelolaan zakat terdapat amil. Amil adalah seorang yang memiliki tugas dan telah ditunjuk untuk melakukan kegiatan zakat mulai dari penerimaan zakat, pemberian zakat dan penyimpanan zakat. Seorang amil telah ditunjuk oleh lembaga yang berwenang sesuai dengan hukum yang mengaturnya.

Di Indonesia, lembaga pengelolaan zakat yang telah baik dikelompokan dalam sebuah organisasi yang bernama OPZ (organisasi pengelolaan zakat). Organisasi tersebut terdiri dari beberapa badan resmi yang diakui oleh pemerintah untuk melakukan zakat, badan-badan yang tergolong dalam organisasi OPZ di antaranya yaitu:

  1. BAZ (Badan Amil Zakat). BAZ merupakan organisasi pengelolaan zakat yang dibentuk oleh pemerintan untuk melakukan tugas pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat sesuai dengan ketentuan dalam agama Islam. BAZ Indonesia memiliki beberapa tingkatan,
  2. BAZNAS Pusat, BAZNAS Pusat terdiri dari  Badan pelaksana, komisi pengawas, dan dewan pertimbangan.
  3. BAZNAS Provinsi
  4. BAZNAS Kabupaten/kota
  5. LAZ (Lembaga Amil Zakat). LAZ merupakan institusi pengelolaan zakat yang sepenuhnya dibentuk oleh masyarakat, lembaga ini bergerak di bidang dakwah, pendidikan, sosial, kemasyarakatan umat Islam yang telah mendapat pengakuan dan mendapat perlindungan dari pemerintah, Lembaga ini telah pula diakui sebagai lembaga untuk melakukan kegiatan zakat.

Lembaga-lembaga tersebut dapat dijadikan sebagai lembaga tujuan Anda untuk berzakat, karena lembaga tersebut sudah diakui sebagai lembaga pengelola zakat di Indonesia secara resmi.

http://www.queens-road.net/wp-content/uploads/2017/07/zakat-4.jpghttp://www.queens-road.net/wp-content/uploads/2017/07/zakat-4-150x150.jpgadminUmumzakatZakat, membicarakan mengenai zakat, zakat merupakan sebuah kegiatan yang sudah wajib dilakukan bagi Anda yang telah dianggap mampu secara finansial dan secara batiniah serta telah memenuhi syarat sebagai orang yang wajib mengeluarkan zakat. Di Indonesia sendiri kegiatan zakat dan lembaga pengelola zakat di Indonesia secara resmi, telah sangat mampu...queens-road portal informasi terlengkap dan terupdate