Islam merupakan agama yang indah dan cinta damai. Jika Islam dilaksanakan dengan sempurna, kesejahteraan umat dapat terwujud dan tidak ada lagi kesengsaraan dan kemiskinan. Mengapa demikian? Hal tersebut karena Islam mengajarkan pemeluknya untuk berbagi dan saling membantu dengan berbagai ibadah wajib dan sunnah. Salah satu ibadah tersebut adalah qurban. Hukum qurban dalam Islam adalah sunnah muakkad, yang berarti boleh tidak dilakukan. Bagi mereka yang mampu dan melakukan ibadah tersebut, mereka akan mendapatkan keutamaan dan pahala kegiatan berqurban merupakan salah satu ibadah yang mengajarkan kita untuk berbagi kebahagiaan bagi mereka yang membutuhkan. Dengan melakukan ibadah qurban, kita dapat membahagiakan warga sekitar dan masyarakat pada umumnya untuk menikmati daging hasil sembelihan pada saat idul qurban dan 3 hari setelahnya.

hukum qurban dalam islam

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, hukum qurban dalam Islam adalah sunnah. Berqurban menjadi salah satu ibadah yang memiliki keutamaan bagi mereka yang mampu. Adapun hewan yang dapat menjadi hewan qurban adalah hewan ternak dan bukan merupakan hewan buruan. Hewan ternak yang dimaksud diantaranya adalah sapi, unta, domba, kambing, dan kerbau. Ada beberapa syarat yang harus diikuti dalam melaksanakan ibadah qurban. Yang pertama adalah waktu pelaksanaan. Waktu pelaksanaan qurban adalah pada saat idul qurban yaitu pada tanggal 10 Dzulhijjah dan tiga hari setelahnya yaitu tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah yang juga disebut sebagai hari tasyriq. Penyembelihan hewan qurban pada hari idul qurban harus setelah pelaksanaan shalat Idul qurban. Hewan yang disembelih sebelumnya, tidak termasuk dalam ibadah qurban melainkan hanya sedekah biasa. Adapun menurut Hukum qurban dalam Islam, waktu penyembelihan dapat dilakukan baik siang maupun malam hari. Hewan yang diqurbankan juga harus memenuhi kriteria tertentu. Hewan tentunya hewan ternak yang sehat, tidak cacat, cukup umur, dan tidak kurus sampai tidak memiliki sumsum tulang. Adapun tata cara menyembelihnya juga diatur sesuai syariat.

Kini, berqurban menjadi lebih mudah dengan adanya lembaga qurban yang menyediakan hewan qurban dengan kondisi yang sesuai dengan yang disyaratkan dan menyalurkan hewan qurban tersebut ke tempat yang lebih membutuhkan. Salah satu lembaga tersebut adalah Global Qurban. Dengan melakukan ibadah qurban melalui Global Qurban, Anda dapat menyalurkan qurban Anda ke daerah yang sedang tertimpa bencana, sampai ke daerah rawan kelaparan. Penyaluran qurban juga tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi juga sampai ke daerah konflik yang membutuhkan uluran bantuan kita seperti Palestina dan Suriah. Hukum qurban dalam Islam yang sunnah tidak membatasi kita untuk sekadar berqurban saja. Anda dapat menyalurkan qurban Anda ke daerah yang lebih membutuhkan dan berbagi dengan mereka yang menderita kelaparan melalui Global Qurban. Dengan demikian, qurban Anda dapat turut menjadi bantuan yang mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik dan membawa kebahagiaan bagi mereka.

http://www.queens-road.net/wp-content/uploads/2017/07/hukum-qurban-dalam-islam.jpghttp://www.queens-road.net/wp-content/uploads/2017/07/hukum-qurban-dalam-islam-150x150.jpgadminUmumhukum qurban dalam islamIslam merupakan agama yang indah dan cinta damai. Jika Islam dilaksanakan dengan sempurna, kesejahteraan umat dapat terwujud dan tidak ada lagi kesengsaraan dan kemiskinan. Mengapa demikian? Hal tersebut karena Islam mengajarkan pemeluknya untuk berbagi dan saling membantu dengan berbagai ibadah wajib dan sunnah. Salah satu ibadah tersebut adalah qurban....queens-road portal informasi terlengkap dan terupdate